-->

Aplikasi Penilaian Pramuka dalam Kurikulum 2013

Aplikasi Penilaian Pramuka dalam Kurikulum 2013, Raport Pramuka, Penilaian Pramuka wajib diberikan terhadap kinerja peserta didik pramuka dalam kegiatan Kepramukaan. Kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik dalam kegiatan Kepramukaan. Penilaian dalam K13 dilakukan secara kualitatif.
Aplikasi Penilaian Pramuka dalam Kurikulum 2013

Peserta didik diwajibkan untuk mendapatkan nilai baik pada kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan yang merupakan ekstrakurikuler wajib untuk Kurikulum 2013, bahkan Kepramukaan dijadikan pengukuran keberhasilan pembentukan karakter peserta didik. Nilai kepramukaan yang diperoleh berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.

Sekolah-sekolah dapat dan perlu memberikan penghargaan kepada peserta didik yang memiliki prestasi sangat baik dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penghargaan tersebut memiliki arti penting sebagai suatu sikap menghargai prestasi seorang peserta didik yang aktif dalam kepramukaan.Teknik penilaian yang dilakukan guru/pembina Pramuka meliputi :

1)  Penilaian dilakukan melalui berbagai cara yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan praktik dalam Ekstra Pramuka,;

2)   Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur dalam Ekstra Pramuka,

3)   Penilaian sikap dilakukan melalui pengamatan, penilaian teman sejawat

4)   Pelaporan nilai dituangkan dalam bentuk deskripstif dengan mengacu beberapa kriteria.


Dengan beberapa Teknik dalam penilaian Kepramukaan, disini Benihpagi.com menyuguhkan penilaian kerpamukaan dalam bentuk aplikasi agar para sobat guru dan pembina mudah untuk menilai peserta didik dalam kegiatan ekstra pramuka.


KLIK UNTUK DOWNLOAD APLIKASI PENILAIAN PRAMUKA KURIKULUM 2013

0 Response to "Aplikasi Penilaian Pramuka dalam Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel